Sabtu, 04 Mei 2013

Memahami Kebebasan Berorganisasi


Materi Pkn Kelas 5 Semester 2
A.MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI
1.Mendeskripsikan pengertian organisasi
a.Organisasi adalah perkumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
b.Unsur-unsur organisasi adalah:
1)adanya manusia
2)adanya tujuan bersama
3)adanya pembagian tugas
4)adanya kerja sama
5)adanya tempat
c.Jabatan-jabatan dalam organisasi beserta tugas kerjanya
1)ketua
a)mengurus organisasi
b)bertanggung jawab akan keberlangsungan organisasi
c)memimpin setiap rapat
d)mengadakan hubungan dengan pihak luar
e)membuat rencana kerja
2)wakil ketua
a)membantu ketua dalam mengurus organisasi
b)menggantikan tugas ketua, jika ketua berhalangan
3)sekretaris
a)membuat agenda kegiatan organisasi
b)membuat surat-surat yang diperlukan
c)membuat pengarsipan surat-surat
d)membantu ketua dalam membuat rencana kerja
4)bendahara
a)mengurus masalah keuangan organisasi
b)membuat laporan keuangan
c)membatu ketua dalam membuat rencana kerja
5)contoh seksi-seksi bidang
Seksi-seksi bidang dapat dibentuk sesuai kebutuhan, sesuai kegiatan dan jenis organisasi itu sendiri.

a)seksi keamanan
b)seksi konsumsi
c)seksi kebersihan
d)seksi akomodasi
e)seksi dokumentasi
f)seksi dekorasi
g)seksi publikasi
h)dll.
6)
d.Manfaat mengikuti organisasi
1)menambah wawasan dan pengalaman
2)mengetahui dan mengembangkan bakat
3)menambah teman
4)belajar mengemukakah pendapat
5)belajar menghormati orang lain
6)belajar menghargai pendapat orang lain
7)mudah bergaul
8)melatih diri kemandirian
9)melatih kedisiplinan
10)membagi dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat
11)menimbulkan kepercayaan diri dan tidak mudah mengeluh
2.Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
a.di sekolah
1)Pramuka
2)Koperasi sekolah
3)Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
4)Komite sekolah
5)OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)
6)PMR (Palang Merah Remaja)
7)PA (Pencinta Alam)
8)Klub-Klub olah raga, seperti:

futsal
badminton
bola basket
voli
renang
dll.
b.
c.di lingkungan masyarakat
1)
2)RT
3)RW
4)karang taruna
5)desa atau kelurahan
6)BPD (Badan Permusyawaratan Desa)
7)PKK
8)POSYANDU
9)dll.
3.
4.Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah
a.Membentuk organisasi kelas
b.Memilih ketua kelas
1)Pemungutan suara
Yaitu dengan cara menghitung perolehan suara para anggota.
2)Aklamasi
Yaitu pernyataan setuju secara lisan dari anggota
3)Penunjukan secara langsung
Yaitu ketua di tunjuk secara langsung oleh anggota

B.MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA
1.Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
a.Musyawarah
Mengambil keputusan bersama dapat dilakukan dengan cara musyawarah. Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mengambil keputusan untuk suatu masalah.
b.Asas pengambilan keputusan bersama
1)kebersamaan
2)persamaan hak
3)kebebasan mengemukakah pendapat
4)penghargaan terhadap pendapat orang lain
5)pelaksaan hasil keputusan dengan penuh rasa tanggung jawab

Rangka dan Alat Indra Manusia



MATERI IPA KELAS 4 SEMESTER 1
BAB 1
RANGKA DAN ALAT INDRA MANUSIA
A.RANGKA MANUSIA
1. Bagian – bagian rangka
Rangka manusia terdiri atas tiga bagian yaitu :
a. Rangka kepala /tengkorak
b. Rangka badan
c. Rangka Anggota gerak
Rangka kepala terdiri atas tulang-tulangtengkorak wajah dan tulang pelindung otak.
Tulang-tulang tengkorak wajah terdiri atas
2 tulang hidung, 2 tulang pipi, 2 tulang rahangatas dan tulang rahang bawah, 2 tulang air mata,tulang langit-langit, tulang pisau luku, dan1 tulang lidah
Tulang pelindung otak meliputi
1 tulang dahi, 1 tulang belakang kepala, 2 tulangpelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan2 tulang tapis.

Rangka badan meliputi
tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada,tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul.
Tulang belakang terdiriatas
7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang,5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.
Tulang rusuk terdiri atas
7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulangrusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.
Tulang dada terdiriatas tiga bagian, yaitu
tangkai atau hulu, badan, dan taju pedang.
Tulangdada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulangrusuk dan tulang dada membentuk rongga dada.
Di atas rongga dada terdapat rangka bahu. Rangka bahu dibentukoleh tulang gelang bahu. Tulang gelang bahu tersusun dari sepasangtulang belikat dan sepasang tulang selangka.Pada badan bagian bawah terdapat rangka panggul. Rangkapanggul dibentuk oleh tulang gelang panggul. Tulang gelang pangguldibentuk oleh 2 tulang usus, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan.

Rangka anggota gerak
Rangka anggota gerak terdiri atas tulang-tulang anggota gerak atas(tangan) dan tulang-tulang anggota gerak bawah (tungkai).
Tulang-tulang anggota gerak atas (tangan), yaitu:
tulang lengan atas, tulanghasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, dan tulang telapaktangan, tulang ruas-ruas jari.
Tulang-tulang anggota gerak bawah(tungkai), yaitu:
tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulangtempurung lutut, tulang telapak kaki, tulang pergelangan kaki, dantulang ruas-ruas jari.
2. SENDI
Hubungan antara tulang-tulang manusia disebut sendi.
Contoh beberapa sendi yangterdapat pada tubuh manusia adalah sebagai berikut.
a.Sendi engsel,
b.Sendi peluru
c.Sendi pelana,
d.Sendi geser,
e.Sendi putar,

Sendi engsel, adalah sendi yang hanya dapatdigerakkan ke satu arah seperti engsel jendelaatau pintu.
Contoh sendi engsel adalah
endipada siku yang menghubungkan tulanglengan atas dan lenggan bawah,
sendi padalutut yang menghubungkan tulang paha dantulang kaki bawah
sendi pada ruas jaritangan dan ruas jari kaki.

endi peluru, adalah sendi yang memung-kinkan gerakan ke semua arah.
Contohnya,
sendi pada ruas tulangleher yang paling atas,
sendi pada bahu yangmenghubungkan tulang lengan atas dengantulang gelang bahu,
sendi pada panggulyang menghubungkan tulang paha dantulang gelang panggul.

Sendi pelana, adalah sendi yang bergerak kedua arah, yaitu ke samping dan ke depan.
Contohnya
sendi antara tulang telapaktangan dan pangkal ibu jari.

Sendi geser, adalah persendian tempat ujungtulang yang satu menggeser ujung tulangyang lain.
Sendi geser dijumpai padatulang hasta dan tulang pengumpil.

Sendi putar, adalah persendian tempat tulangyang satu berputar mengelilingi tulang lainnyayang bertindak sebagai poros.
Sendi putarterdapat pada hubungan antara tulang atlas(tulang leher yang pertama) dan tulangtengkorak.

3.FUNGSI RANGKA
Fungsi rangka bagimakhluk hidup, antara lain,
menguatkandan menegakkan tubuh,
menentukan bentuktubuh,
tempat melekatnya otot,
melin-dungi bagian-bagian tubuh yang pentingdan halus.

B. MEMELIHARA KESEHATAN RANGKA
Cara memelihara kesehatan rangka /, Untuk dapatmemelihara kesehatan rangka,yang harus kita lakukan antara lain :
rajin berolahraga,
mempelajaripenyebab beberapa jenis penyakit tulang,
mengetahui sikap tubuhyang benar dan salah dalam kehidupansehari-hari.
Kandungan gizi dalam makanan yang kita makan.

Beberapagangguan pada tulang belakang adalah sebagai berikut.
a.Skoliosis,
b.Kifosis
c.Lordosis,

Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan.Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat padasalah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.
Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnyaadalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa bebanyang terlalu berat di punggung.
Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnyamungkin karena terjatuh saat masih kecil atau duduk terlalu condongke depan.

Untuk menghindari akibat buruk dari sikap tubuh yang salah, makakamu harus membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya,
punggungselalu dalam posisi tegak ketika duduk, berdiri, atau ketika mengangkatbeban.
Tekuklah lutut jangan menekuk punggung.
Saat membawa beban,seimbangkan antara beban sebelah kiri dan kanan.

Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang tulang,antara lain
polio,
rakitis,
osteoporosis,
rematik.

a.Polio
Penderita polio akan mengalami kelum-puhan sehingga lama-kelamaan tulangnyaakan mengecil. Penyakit polio dapat dicegahdengan pemberian vaksin polio. Pemberianvaksin biasanya dilakukan melalui mulut padasaat anak berusia di bawah lima tahun.
b.Rakitis
Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terham-batnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderitakekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderitapenyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanyaberbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.
c.Osteoporosis
Osteoporosis atau tulang keropos meru-pakan penyakit yang menyebabkan tulangmudah retak atau patah. Penyakit inibiasanya menyerang orang lanjut usia,terutama perempuan. Penyebab osteoporosisadalah tubuh kekurangan zat kapur (kal-sium). Untuk mencegak osteoporosis, kamuperlu mengonsumsi makanan yang banyakmengandung vitamin D dan kalsium sepertiikan dan susu.
d.Rematik
Rematik merupakan penyakit yangmenyebabkan rasa nyeri pada persendian.Persendian yang biasa terkena adalahpersendian kaki, tangan, dan siku. Rasa nyerikadang disertai pembengkakan sendi. Jikatidak segera diobati, penyakit ini dapatmengakibatkan komplikasi yang berbahaya,misalnya jantung. Komplikasi merupakanpenyakit yang timbul kemudian karenapenyakit yang ada tidak diobati.

3.Makanan Bergizi dan Olahraga
Pertumbuhan tulang pada anak-anak dipengaruhi oleh factor dalam dan factor luar.
faktor dalam seperti makanan, vitamin,dan mineral.
faktor luar yang turut berpengaruhterhadap pertumbuhan tulang. Misal-nya, sinar matahari, beban yang seringdiangkat, dan benturan.

Makanan yang dibutuhkan untukmenjaga kesehatan tulang adalahmakanan yang banyak mengandungvitamin D, kalsium, dan fosfor.
VitaminD banyak terdapat pada ikan, susu, dankuning telur.
Kalsium banyak terdapatpada susu, kacang-kacangan, ikan, dan buah-buahan.
Fosfor banyakterdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan.
Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Akanlebih baik jika kamu bisa terkena sinar matahari di pagi hari, karena sinarmatahari membantu proses pengubahan provitamin D menjadi vitamin D.

Jadi, untuk membentuk rangka yang baik kita perlu
makan makananyang bergizi,
memperlakukan tubuh dengan sikap yang benar
memperolehcukup sinar matahari pagi
tidak mengangkat beban berat yang melebihikemampuan tubuh
dan olahraga teratur.

C. ALAT INDRA MANUSIA
1.Indra Penglihat (Mata)
2.Indra Pendengar (Telinga)
3.Indra Pembau (Hidung)
4.Indra Pengecap (Lidah)
5.Indra Peraba (Kulit)

1.Indra Penglihat (Mata)
a.Bagian-Bagian Mata
Bagian luar mata, antara lain, alis mata, kelopak mata, kelenjarmata, dan bulu mata.
Bagian dalam mata, antara lain, lapisan sclera, lapisan koroid, retinaatau selaput jala, lensa mata, otot mata, dan saraf mata.

•Alis Mata.
Alis mata terdapat di atas mata.
Alis mata berguna untukmencegah masuknya keringat ke dalam mata.

•Kelopak Mata.
Kelopak mata berguna untuk menutup bola mata.
Fungsi kelopak mata berkedip, adalah
untuk membasahimata,
menggiring kotoran keluar dari mata, dan
mengistirahatkanretina dari terpaan cahaya yang terus-menerus.

•Kelenjar Mata.
Pada kelopak mata bagian atas terdapat kelenjarair mata yang selalu menghasilkan air mata
Air mata berguna untuk :
membasahi kornea,
melindungi mata dari kuman, dan
menjagamata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.

•Bulu Mata.
Bulu mata dapat diumpamakan sebagai tirai (kisi-kisi).
Kegunaan bulu mata untuk :
mengurangi cahaya yang masuk kemata apabila cahayanya terlalu kuat dan
mencegah debu dankotoran agar tidak masuk ke dalam mata.

•Lapisan Sclera.
Lapisan sclera adalah lapisan terluar yangberwarna putih, kecuali bagian depan tidak berwarna atau bening.
Bagian yang bening tersebut dinamakan kornea.
Kornea berfungsi
menerima rangsang berupa cahaya danmeneruskannya ke bagian mata yanglebih dalam.
Kornea adalah bagianmata yang dapat disumbangkan dandicangkokkan pada orang lain yangmembutuhkannya.

•Lapisan Koroid.
Lapisan koroidadalah lapisan tengah yang banyakmengandung pembuluh darah.
Di bagian depan, lapisan koroidmembentuk iris (selaput pelangi). Iris berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahayayang masuk ke mata. Di tengah iris terdapat celah yang disebutanak mata atau pupil.
Fungsi pupil adalah tempat lewatnya cahayamenuju retina.
Jika cahaya terlalu terang, maka pupil mengecil. Danjika cahaya terlalu redup, maka pupil melebar.

•Retina atau Selaput Jala.
Pada retina terdapat bagian yang sangatpeka terhadap cahaya yang disebut disebut bintik kuning (fovea).Selain itu terdapat pula bintik buta. Bintik buta adalah bagian yangtidak peka terhadap cahaya dan merupakan tempat keluarnya sarafmata menuju otak.

•Lensa Mata.
Pada bola mata terdapat lensa mata. Lensa mataadalah sebuah benda bening yang berbentuk cembung. Lensa mataberada di belakang iris. Lensa mata berfungsi meneruskan danmengumpulkan cahaya atau bayangan benda agar jatuh tepat diretina.
Kemampuan Lensa mata untuk berubah menjadicembung atau pipih disebut daya akomodasi.

•Otot Mata.
Otot mata berguna untuk menambatkan bola mata padadinding dalam rongga mata dan menggerakkan bola mata. Otot mataberjumlah tiga pasang.
Ketiga pasang otot tersebut adalah ototpenggerak ke arah atas dan ke arah bawah, otot penggerak ke arahkiri dan ke arah kanan, serta otot pemutar bola mata.
Otot-otot matamelekat pada tulang tengkorak, tepatnya pada rongga mata.

•Saraf Mata.
Saraf mata merupakan saraf penglihatan atau sarafoptik.
Saraf mata berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang diterima sel-sel reseptor ke susunan saraf pusat di otak. Dengandemikian, kita dapat melihat suatu benda.

•Cairan Bola Mata.
Cairan bola mata terdapat di antara kornea dan lensa mata dan di antara lensa dan retina.
Cairan bola mata berwarnakeputih-putihan dan berbentuk seperti agar-agar.
Cairan bola mata berfungsi memberi bentuk pada mata.

b.Cara Kerja Mata
Mata bekerja saat menerimacahaya. Tanpa cahaya, mata tidak dapat berfungsi dengan baik.
Pantulan cahaya dari suatu benda masuk melalui pupil kemudianditeruskan ke dalam lensa mata.
Oleh lensa mata, cahaya diarahkansehingga bayangan benda jatuh pada retina.
Ujung-ujung saraf di retina menyampaikan bayangan benda ituke otak.
Selanjutnya, otak mengolah bayangan tersebut sehingga kitadapat melihat benda tersebut.

c.Kelainan pada Mata
•Rabun Jauh (Miopi).
•Rabun Dekat (Hipermetropi).
•Rabun Tua (Presbiopi).
•Rabun Senja (Hemerolopi).
•Buta Warna.

•Rabun Jauh (Miopi).
Tidakdapat melihat suatu benda dengan jelas apabila jaraknya jauh.
Penyebabnya adalah lensa mata terlalu pipih.
Pada mata orang yangmenderita rabun jauh, bayangan benda jatuh di depan retina.
Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknyamenggunakan kacamata yang berlensa cekung (lensa negatif).

•Rabun Dekat (Hipermetropi).
Tidak dapatmelihat benda kecil di dekatnya/dengan jarak dekat.
. Misalnya, tidak dapat membacahuruf kecil di koran dari jarak dekat.
Penderita rabun dekat, bayangan benda jatuh di belakang retina.
Agar bayangan benda jatuh tepat di retina, penderita sebaiknyamenggunakan kacamata berlensa cembung (lensa positif).

•Rabun Tua (Presbiopi).
Tidak dapatmelihat benda yang letaknya jauh maupun dekat. Penyebabnya daya akomodasi sangat lemah.
Penderita dapatditolong dengan menggunakan kaca mata berlensa rangkap.
Kacamata berlensa rangkap adalah kacamata yang terdiri atas lensapositif dan lensa negatif.

•Rabun Senja (Hemerolopi).
Penderita rabun senja tidak dapatmelihat benda secara jelas pada waktu senja hari.
Hal tersebutdisebabkan penderita kekurangan vitamin A.

•Buta Warna.
Buta warna termasuk salah satu kelainan pada mata.
Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna-warnatertentu.
Misalnya, warna merah, kuning, hijau, dan biru. Cacatmata ini termasuk kelainan yang bersifat menurun.

d.Memelihara Kesehatan Mata
Hal-hal yang perlu diperhatikan agar mata tetap sehat , antara lain:
mengusahakan untuk makan makanan yang mengandung vitamin A (seperti sayuran dan buah-buahan;)
jangan membaca di bawahpenerangan yang terlalu redup atau terlalu terang;
saat membaca, jaraktulisan dengan mata diusahakan sekitar 30 cm;
jangan membaca bukuatau menonton televisi sambil berbaring; dan
hindarkan mata darikotoran atau debu dengan cara memakai kacamata.

2.Indra Pendengar (Telinga)
Telinga kita hanya mampu mendengarkan suara yangberfrekuensi antara 20 – 20.000 getaran per detik (Hertz/Hz).
a.Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya
Telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, bagiantengah, dan bagian dalam.

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga,lubang telinga, dan gendang telinga.
Daun telinga terdiri atas tulang rawan yang dapat ditekuk. Daun telinga berfungsi untuk menangkap suara dari luar.Suara yang telah ditangkap lalu diteruskanlewat lubang telinga menuju ke gendangtelinga.
Telinga bagian tengah terdiri atas tulang martil, tulang landasan, dan tulangsanggurdi.
Ketiga tulang itu disebut tulang-tulang pendengaran.
Telinga bagian tengahberfungsi menerima suara yang ditangkapoleh telinga bagian luar.
Saluran eustachius menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut.
Fungsi saluran eustachius adalahuntuk menyeimbangkan tekanan udaraantara telinga luar dengan telinga tengah.
Telinga bagian dalam terdiri atas tingkap jorong, bundar, tigasaluran setengah lingkaran, serta rumah siput (koklea). Pada rumah siputterdapat ujung-ujung saraf pendengaran dan alat keseim-bangan tubuh.

b.Cara Kerja Telinga
Suara tersebut ditangkap oleh gendang telinga. Akibatnya, gendang telinga bergetar.Getaran ini lalu diteruskan oleh tulang-tulang pendengar ke telingabagian dalam, tepatnya di ujung saraf. Oleh saraf, getaran tersebutdisampaikan ke otak agar diolah sehingga kita dapat mendengar.

c.Kelainan pada Telinga
Telinga bisa mengalami kelainan maupun terserangpenyakit. Misalnya, tuli dan congek.

•Tuli.
Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkanbunyi atau suara. Tuli dapat disebabkan oleh adanya kerusakanpada gendang telinga, tersumbatnya ruang telinga, atau rusaknyasaraf pendengaran. Pada orang yang telah berusia lanjut, ketulianbiasanya disebabkan oleh kakunya gendang telinga dan kurangbaiknya hubungan antartulang pendengaran.

•Congek.
Congek adalah penyakit telinga yang biasanyadisebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi ditengah-tengah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri.

3.Indra Pembau (Hidung)
a.Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya
Hidung terdiri atas dua bagian, yaitulubang hidung dan rongga hidung.
Ronggahidung terbentuk oleh tulang hidung dantengkorak.
Pada rongga hidung terdapatselaput lendir atau membran mukus danrambut halus yang disebut bulu hidungatau silia.
Bulu hidung dan selaput lendir bergunauntuk menyaring kotoran yang masukhidung bersama dengan udara pernapasan.
Kotoran tersebut dapat berupa debu,kuman, dan cairan.
Apakah yang menyebabkan bersin?Bersin terjadi jika lubang hidung kemasukan suatu kotoran, maka selaput lendir akanterangsang sehingga menimbulkan rasa geli. Oleh karena itu, terjadilahbersin sehingga kotoran akan terbawa keluar.

Saat menderitaflu, tidakdapat membau dengan baik. Mengapa demikian? Karena selaput hidungyang membengkak dan berlendir menyebabkan indra pembau tertutup oleh lendir.
Akibatnya, indra pembau tidak dapat menerima rangsangbau dengan baik.

b.Cara Kerja Hidung
Saat kita menghirup udara pernapasan, bau tersebut ikut masuk ke dalam hidung. Di rongga hidung, bau akan larut di dalam lendir.Selanjutnya, rangsangan bau akan diterima oleh ujung-ujung sarafpembau serta diteruskan ke pusat penciuman dan saraf pembau. Olehotak, rangsang tersebut ditanggapi sehingga kita dapat mencium bauyang masuk hidung.

c.Kelainan pada Hidung
Contoh gangguan-gangguan yangdialami hidung, antara lain, pilek (tersumbatnya saluran pernapasan),polip (daging tumbuh di dalam rongga hidung), dan rusaknya sarafpembau akibat cedera pada kepala.

d.Memelihara Kesehatan Hidung
Cara merawat hidung agar tetap sehat, antara lain, sebagai berikut.:

1)Membersihkan hidung secara rutin. Sebaiknya kita membersihkanhidung setiap hari. Hidung menjadi kotor karena udara yang kitahirup mengandung debu. Membersihkan hidung sebaiknyamenggunakan kapas.
2)Menutup hidung saat berada pada lingkungan yang kotor.Misalnya, lingkungan yang berdebu, banyak asap rokok, dan asapkendaraan.
3)Segera berobat ke dokter jika mengalami gangguan pada hidung.Gangguan dalam waktu lama dapat merusak fungsi hidung.

4.Indra Pengecap (Lidah)
a.Bagian-Bagian Lidah dan Fungsinya
Pada permukaan lidah terdapat bintil-bintil. Pada bintil-bintil tersebut terdapatujung-ujung saraf pengecap yang sangatpeka terhadap rangsang rasa makananatau minuman yang masuk ke dalammulut.
Syaraf yang peka terhadap rasa :
PAHIT berada di pangkal lidah, MANIS berada di ujung lidah, ASIN berada di samping kanan kiri sebelah depan, ASAM berada di samping berada di dalam .

b.Cara Kerja Lidah
Proses Kerja Lidah yaitu :
Makanan atau minumanyang telah berupa larutan di dalam mulut akan merangsang ujung-ujung saraf pengecap. Oleh saraf pengecap, rangsangan rasa iniditeruskan ke pusat saraf pengecap di otak. Selanjutnya, otak menang-gapi rangsang tersebut sehingga kita dapat merasakan rasa suatu jenismakanan atau minuman.

c.Kelainan pada Lidah
Jika kita makan terlalu panas, terlalu pedas, terlalu asin, atau terlaluasam, maka kepekaan lidah kita akan terganggu. Gangguan ini hanyabersifat sementara. Oleh karena itu, sebaiknya kita makan makananyang tidak terlalu panas, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asin, dan tidakterlalu asam. Fungsi lidah juga dapat terganggu jika lidah terserangsariawan. Sariawan adalah sejenis infeksi jamur yang berupa bintik-bintik putih agak menye-rupai sisa-sisa susu pada lidah, langit-langitmulut, dan gusi. Penyakit ini disebabkan kekurangan vitamin C.

d.Memelihara Kesehatan Lidah
Cara memelihara kesehatan lidah, antara lainsebagai berikut.:
1)Menghindari makan makanan yang terlalu panas atau terlaludingin. Makanan yang terlalu panas atau dingin dapat merusakbintil pengecap. Jika bintil pengecap rusak, maka lidah tidak dapatmerasakan lezatnya makanan.
2)Menyikat lidah saat menggosok gigi agar kotoran pada lidah hilang.Gunakanlah sikat gigi yang bersih dan lembut. Sikat gigi yang kasardapat melukai lidah dan gusi.
3)Makan makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin Cbermanfaat mencegah sariawan.

5.Indra Peraba (Kulit)
Fungsi kulit secara umum:
Kulit berfungsi untuk melindungibagian-bagian tubuh sebelah dalam kita dari pengaruh luar.
Kulit jugaberfungsi mengatur suhu tubuh dan sebagai indra peraba.

a.Bagian-Bagian Kulit danFungsinya
Kulit terdiri atas tigalapisan, yaitu epidermis, dermis, danhipodermis.

•Epidermis.
Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit. Lapisanepidermis tersusun atas kulit ari dan lapisan malpighi. Pada epidermis terdapat saluran keringat, lubang kulitatau pori-pori, dan ujung rambut. Kulit ari merupakan lapisan epidermis terluar. Kulit ari tersusun atas sel-selterluar dari lapisan malpighi yang
telah mati. Kulit ari berfungsi mencegah masuknya bibit-bibitpenyakit ke dalam tubuh dan mencegah menguapnya air daritubuh. Lapisan malpighi berada di sebelah dalam kulit ari. Lapisanini tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri.

•Dermis.
Dermis berada di bawah atau di sebelah dalam epidermis.Pada dermis terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akarrambut, pembuluh darah, saraf, dan reseptor indra peraba.

•Hipodermis.
Hipodermis adalah lapisan kulit yang paling dalam.Lapisan ini mengandung banyak jaringan lemak yang bergunauntuk menghangatkan tubuh.

b.Cara Kerja Kulit
Rangsang yang dapat diterima kulit berupa sentuhan panas, dingin,tekanan, dan nyeri. Ketika kulit menerima rangsang, rangsang tersebutditerima oleh sel-sel reseptor. Selanjutnya, rangsang akan diteruskan keotak melalui urat saraf. Oleh otak, rangsang akan diolah. Akibatnya,kita merasakan adanya suatu rangsang. Otak pun memerintahkantubuh untuk menanggapi rangsang tersebut.

c.Kelainan pada Kulit
Beberapa penyakit kulityang sering kita temui adalah jerawat, panu, dan kadas.

•Jerawat.
Jerawat mudah menyerang kulit wajah, leher, punggung,dan dada. Penyakit ini timbul akibat ketidakseimbangan hormondan kulit yang kotor. Anak-anak yang memasuki masa remaja sertaorang-orang yang memiiki jenis kulit berminyak sangat rentanterhadap jerawat.

•Panu.
Panu disebabkan oleh jamuryang menempel di kulit. Panu tampaksebagai bercak atau bulatan putih di kulitdan disertai rasa gatal. Panu timbul karenapenderita tidak menjaga kebersihan kulit.

•Kadas.
Kadas nampak di kulit sebagaibulatan putih bersisik. Pada setiap bulatanterdapat garis tepi yang jelas dengan kulityang tidak terkena. Kadas juga menyebab-kan rasa gatal. Penyakit ini disebabkan jamur.

d.Memelihara Kesehatan Kulit
1. Agar kulit selalu sehat, maka kita harusselalu menjaganya dengan baik. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan, antara lain,mandi dua kali sehari, mencuci tangan dankaki sebelum tidur secara teratur.
2. makan makanan yangbanyak mengandung vitamin E. Banyakmakan sayuran hijau dan buah-buahan.Semua itu berperan dalam menjaga kesehatan kulitmu.

Kegiatan Jual Beli Di Lingkungan Sekolah


Materi ips kelas 3 semester 1 :
kegiatan jual beli di lingkungan sekolah



1. Koperasi Sekolah
a. Pengertian Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, atau sekolah yang setingkat di mana koperasi sekolah didirikan. Koperasi sebagai perwujudan perekonomian yang berdasarkan asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai upaya untuk tetap memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu adanya usaha menciptakan kader-kader koperasi yang baik. Kader koperasi tersebut dapat diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan latihan langsung yang dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah.
b. Dasar Pendirian Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Koperasi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional) Nomor 51/M/SKB/ III/1984 dan Nomor 158/P/1984. Surat keputusan ini menunjukkan bahwa koperasi sekolah merupakan badan yang cukup penting didirikan sebagai sarana siswa untuk belajar dan bekerja. Koperasi sekolah dibentuk dengan persetujuan rapat yang dihadiri oleh para siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan sekolah. Dalam rapat tersebut disusun juga peraturan-peraturan yang berlaku dalam koperasi sekolah. Koperasi sekolah diusahakan dan diurus oleh para siswa.
Pengurus koperasi sekolah adalah para siswa dan dibimbing oleh para guru. Setiap koperasi memerlukan modal dasar. Modal koperasi diperoleh dari simpanan anggotanya dan mungkin juga pinjaman dari sekolah yang bersangkutan. Simpanan para anggota koperasi sekolah berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Karena kegiatan koperasi sekolah merupakan kegiatan jual beli, pasti mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut disisihkan dan dikenal dengan sebutan sisa hasil usaha (SHU). SHU tersebut akan dibagikan kepada setiap anggota koperasi setiap tahunnya. Besarnya SHU yang diterima masing-masing anggota berbeda-beda disesuaikan dengan besarnya jasa dari masing-masing anggota. Koperasi sekolah dapat memudahkan siswa memenuhi kebutuhan sekolah. Selain itu, siswa dididik untuk bertanggung jawab, dibiasakan berlaku setia kawan terhadap sesama siswa, dan berlatih berorganisasi.

c. Jenis Usaha Koperasi Sekolah
Sebagai usaha yang bergerak di lingkungan sekolah, koperasi sekolah membuat berbagai jenis usaha yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah. Kegiatan di sekolah yang utama adalah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, koperasi sekolah menyediakan berbagai kebutuhan untuk memperlancar proses belajar mengajar. Usaha yang dilakukan koperasi sekolah sebagai berikut.
1) Usaha Jasa
Bermacam-macam jasa dapat diselenggarakan oleh siswa melalui koperasi sekolah. Contoh usaha jasa tersebut sebagai berikut.
a) Usaha Jasa Fotokopi
Usaha fotokopi merupakan jenis usaha jasa yang cocok dilakukan oleh koperasi sekolah. Sering guru memberikan bahan atau materi pelajaran yang tidak dimiliki siswa. Dengan adanya usaha fotokopi, materi tersebut dapat dimiliki oleh setiap siswa.
b) Usaha Seragam Sekolah
Penjualan seragam sekolah biasanya juga dikelola koperasi. Misalnya, pakaian olahraga, rok, celana, dasi, dan topi. Di koperasi juga tersedia kaos kaki, sabuk, hasduk, dan peralatan pramuka.
2) Usaha Pertokoan
Jenis usaha pertokoan erat hubungannya dengan kebutuhan belajar siswa. Di toko ini disediakan berbagai kebutuhan, seperti alat tulismenulis, buku gambar, alat kebersihan, obat-obatan, dan seragam sekolah. Disediakan pula alat-alat praktik menggambar, seperti kuas, cat air, dan palet. Persediaan alat-alat tersebut tergantung pada kebutuhan siswa. Penyediaan perlengkapan sekolah sangat memudahkan siswa dan guru. Hal itu dikarenakan oleh siswa maupun guru tidak perlu jauhjauh membeli perlengkapan sekolah. Pada umumnya harga barang di koperasi sekolah lebih murah daripada di toko.
Koperasi sekolah diurus oleh pengurus koperasi sekolah yang dipilih dari kalangan siswa. Namun, apabila siswa belum dapat mengurus maka pengurus diangkat dari kalangan guru yang disetujui oleh kepala sekolah. Kekuasaan tertinggi dalam koperasi sekolah adalah rapat anggota. Rapat anggota diadakan satu kali dalam setahun.
2. Kantin Sekolah
Kantin sekolah adalah warung tempat menjual makanan dan minuman yang berada di lingkungan sekolah. Kantin sekolah dikelola oleh pihak sekolah, koperasi sekolah atau pun pihak lain yang bekerja sama atau sudah mendapatkan izin dari pihak sekolah. Pada waktu istirahat, biasanya siswa banyak membeli aneka makanan dan minuman di kantin sekolah. Kantin sekolah tidak menyediakan barang dagangan yang berupa perlengkapan sekolah. Jumlah kantin pada setiap sekolah berbeda-beda. Ada sekolah yang mempunyai satu kantin dan ada pula sekolah yang mempunyai lebih dari satu kantin. Kantin sekolah di SD biasanya dikelola oleh penjaga sekolah atau istri dari penjaga sekolah tersebut.